Rabu, 12 Juni 2013

Japanese Horror Urban Legend

Kalian tentu pernah mendengar kata“urban legend”, bukan?  Di Indonesia, mungkin kita lebih mengenalnya dengan cerita rakyat.  Berhubung bulan-bulan ini Jepang mulai memasuki musim panas, dan menurut informasi dari teman saya *yang tidak mau disebutkan namanya* kalu musim panas di Jepang, stasiun TV akan menayangkan film-film bergendre HOROR.Mau tahu apa saja Horor urban legend di Jepang? Yuk ,simak beberapa ulasannya. Cekidot!!!^^

  1. Kuchisake onna
Jika di malam hari kalian melihat sesosok wanita berambut panjang yang memakai masker penutup mulut, kalian patut berhati-hati ya,,^^ siapa tahu dia adalah kuchisake onna. Kuchisake onna adalah siluman wanita Jepang yang digambarkan membawa gunting besar dengan mulutnya yang robek dari telinga sampai telinga, sehingga ia selalu mengenakan masker. Jika seseorang bertemu dengan sosok makhluk seperti ini dan ditanyai,” Apakah aku cantik?” jika kita menjawab,”cantik”, maka ia akan membuka masker nya. Jika kita mengatakan ,”tidak cantik”, maka mulut kita dirobek dan  akan dibunuh. Jadi, hati-hati ya kalau pergi malam-malam ^^
  1. Hanako-san
Legenda hantu Hanako-san digambarkan sebagai sosok hantu perempuan yang menghuni toilet anak perempuan di sekolah. Kira-kira begitulah cerita yang pernah saya tonton dalam  Ghost at School, film kartun Jepang zaman dulu,hehe. Dibebrapa sumber yang saya baca (bermacam versi) menyebutkan kalau hanako-san dulunya adalah gadis yang menjadi korban pembulian di sekolah. Hanako-san dipanggil dengan mengetuk pintu bilik ketiga kamar mandi perempuan di lantai tiga sebanyak tiga kali sambil bertanya 'Apakah kamu di sini, Hanako-san", dan suara misterius akan menjawab "Aku di sini". Di dalam bilik akan hadir sesosok gadis dengan rok merah. Kadangkala ia tampak dengan pakaian putih.  
  1. Rokurokubi
    Pada siang hari makhluk ini terlihat seperti manusia normal tapi di malam hari mampu memanjangkan lehernya. Karena melanggar ajaran Buddha, maka ia menjadi seperti ini. Makhluk ini sangat mengerikan karena gemar minum darah pria dewasa yang melanggar ajaran Buddha.
  1. Aka Manto

Hantu berjubah merah yang menggentayangi toilet umum dan sekolah. Ketika ia muncul dan berkata, “pilih kertas merah atau biru?”, dan orang yang didatangi memilih merah, maka leher korban akan ditebas hingga pakaiannya memerah karena darah. Jika memilih biru,maka akan dicekik hingga wajah korban membiru. Tapi jika menjawab selain warna biru, maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Saya juga pernah menonton film ini dalam serial kartun Jepang Ghost at School. Dalam film tsb, dikatakan ada cara untuk menidurkan hantu aka manto dengan cara menempelkan kertas mantra pada guci/botol berisi air dan mengucapkan mantra,”kami pinjam toiletnya”.
  1. Teke-Teke
Teke Teke (テケテケ?) adalah hantu gadis yang jatuh di atas rel dan tubuhnya terpotong oleh kereta yang melintas. Setelah menjadi hantu penasaran, ia membawa sabit dan berjalan dengan tangan atau sikunya, dan gesekan tubuhnya saat diseret menghasilkan bunyi teke teke. Jika ia bertemu seseorang di malam hari dan korbannya tidak berlari cukup cepat, ia akan memotong tubuh korbannya jadi dua bagian agar menyerupai bentuk tubuhnya.

  1. Kappa
Kata Kappa 河童 berasal dari kata kawa (/) yg brarti sungai & waraha atau warappa () yg brarti anak.
Adalah makhluk air berbadan hijau menyerupai kura-kura,paruh seperti bebek, kaki berselaput,berbau amis  dan bertempurung serta memiliki piring air di kepalanya.  Konon kalau piring airnya pecah, kappa akan mati atau melemah. Makanan kesukaannya adalah mentimun. Ada yang mengatakan Kappa itu usil, tapi tahu balas budi. Tapi ada juga yang mengatakan kalau kappa suka memperkosa gadis.  
  1. Tengu ()
Tengu hidup di Jepang dan India. Digambarkan dengan sosok seorang laki-laki berwajah merah , hidungnya panjang, bersayap dan kuku-kukunya panjang. Kemana-mana selalu membawa kipas berbentuk daun (hauchiwa).
Dia disebut juga dewa penunggu gunung. Tengu diidentikan dengan elang atau gagak.
Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongōzue dan pedang besar (tachi). Dalam Hikayat Heike, tengu digambarkan seperti "Manusia tapi tidak seperti manusia, burung tapi tidak seperti burung, anjing tapi tidak seperti anjing, tangan dan kakinya seperti tangan dan kaki manusia, wajahnya seperti anjing, memiliki sayap di kanan kiri, dan bisa terbang."
  1. Taira no Masakado : Si Hantu Samurai
Kota Tokyou terkenal dengan cerita seramnya, salah satunya cerita Taira no Masakado. Selalu saja ada kejadian aneh di sekitar makam samurai pertama di Jepang ini. Dahulu, karena dianggap sebagai ancaman, kaisar menyuruh orang untuk memenggal kepalanya. Sadisnya kepalanya ditusuk pula. Konon, kepala itu terbang mencari tubuhnya. Suatu ketika warga menemukan dan mengubur kepalanya.




Ketika Perang Dunia II, tentara Amerika Serikat berencana membongkar makam ini untuk dijadikan pangkalan tentara Amerika. kejadian aneh terjadi, bulldozer terbalik dan menewaskan pengemudinya. setiap percobaan untuk memindahkan makam ini selalu gagal, bahkan 2 tahun kemudia 14 orang hilang, dianggap mati secara misterius. Si Menteri Keuangan yang merencanakan pemindahan itu pun meninggal tersambar petir.

Benar atau tidaknya cerita di atas, siapa yang tahu, namanya juga urban legend J.
Nah, teman-teman semoga informasi di atas bisa bermanfaat . 
Yang mau nge-share info serupa silakan ^^



            http://id.wikipedia.org/wiki/Jubah_Merah 

28 komentar:

  1. Balasan
    1. Giilaaaa.... baru buka bikin kaget!!!!
      Hahahahahaaaaa...... SEEEreeeemmm Ciinn^-^

      Hapus
    2. Hahahaa... Mari berhorror ria B-)

      Hapus
  2. sukses bikin ngeri liat hantu yang pertama. ok para ladies kalau gak mau ketemu, don't keluar malam-malam :D

    BalasHapus
  3. Kuchisake onna sepertinya seru

    BalasHapus
  4. Bbbbbuseettt dehh mesti hati.hati neehh sama orang yg pakek masker.. huhh...

    BalasHapus
  5. kereeeeen :3
    singgah ke blogku sistaa.. ^^

    BalasHapus
  6. pit, ada penangkalnya gak?? :D

    BalasHapus
  7. wahhh kupit pos yg serem'' duhh takut
    kunjungi ya http://ayanyanidake.blogspot.com/2013/06/10-keunikan-negara-jepang.html

    BalasHapus
  8. berarti harus menghindari pergi keJepang pada musim panas yhaa?? atau perlu nyari penangkal dulu? #NGOK ^00^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari dlu pnangklnya, klo dapat baru k jepang pas natsu.. Kalo gak dpt pnangkal , ke jepangnya tunda dulu ya,,hehe :)

      Hapus
  9. waspada sama org iang pake masker,,,,,,

    BalasHapus
  10. kowai >.< yg ngepost...hehehe
    tp ga takut tuh sama gambarnya...
    sama gambar hantunya doang sihhh..kalo ktmu beneran...ehmmm,,mampus dah gue..

    BalasHapus
  11. waahhh...jadi penasaran sama yang aslinya.. :D

    BalasHapus
  12. Paling takut sama kuchi sake onna :(

    BalasHapus
  13. kalo hantunya liburan ke indonesia gimana yak,,,bisa mnta tnda tangan dong :D hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hantunya udah kayak artis aja dong,,hehe B-)

      Hapus